Pages - Menu

July 14, 2013

Stasiun UI

Sebelum baca postingan ini, buat para pendemo, lebih baik gak usah baca daripada gw bikin lo lo pada sakit hati karena gw males minta maaf untuk sesuatu yang gw rasa bener-bener aja. Yoi. Pretdut. Cupsmwaah.

Sebenernya mengenai kasus penggusuran toko-toko di stasiun UI, gw setuju.
Terus barusan aja gw nyari berita terkait, di Tempo.Co, begini kata ketua BEM UI, "Kami melakukan protes damai karena ini bukan penataan, tapi penggusuran, maknanya beda."
Haaaaammmmpfffft????!!!
Mau judulnya penataan atau penggusuran, ya sama aja lah.
Semua toko itu pasti dirubuhin. Gimandose sih?


Makin kesini yang gw liat emang banyak mahasiswa yang kerjaannya demo mulu.
Pernah sore-sore gw pulang lewat stasiun, jauh sebelum ada isu penggusuran tralala-trilili itu, gw yang udah capek ngampus + udah lepek tapi tetep cakep, langsung dongkol banget pas ngeliat ada sekelompok mahasiswa UI, pake jakun pastinya, lagi ngerusuh di stasiun UI deket tukang ojek.
Beberapa ada yang lagi gelar kain putih sambil dipilok-pilok ditulis apalah gak jelas sambil ditandatanganin.
Beberapa ada yang kayak keracunan susu basi, diem berdiri sambil megangin karton yang ada tulisan-tulisannya.
Beberapa ada yang moto-motoin doang.
Nah, yang sebiji, yang bikin gw murka banget, tereak-tereak pake moncong toa ke kuping gw.

Ergh. Entah apaan yang dibela. Sore-sore pula. Siapa coba yang mau dengerin???

Kalo mau demo mah sana gih ke gedung DPR atau ke istana negara biar didenger sama presiden dan antek-anteknya.
Kalopun gak didenger ya paling enggak masuk tipi atau koran lah.
Kalo gak masuk tipi & koran juga, ya gak apa-apa lah, Allah Maha Mendengar kok.

Iya gw juga ngerti kalo pemerintah banyak salah sama rakyat karena (masalah paling krusial) korupsi dan tetek bengek lainnya.
Gw juga ngerti kalo kita harus ngebela korban-korban gak bersalah gara-gara pemerintahan Indonesia yang pada ngaco.
Tapi, dengan ngebela tuh bukan berarti segala sesuatunya yang berhubungan sama rakyat harus dibela.

Demo cuma buat marah-marah ke pemerintah yang katanya nggak ngerasain penderitaan kaum miskin.
Duh. Yaiyalah mana ada presiden yang gembel. Itu kenyataan, nyet. Presiden udah pasti kaya.
Gak usah ngimpi kalo presiden sama rakyat bisa sama-sama sejahtera.
Kecuali kalo lo idup di dunia dongeng sama Bona & Rong-Rong.

Kalo mau kaya, ya usaha.
Kalo mau gak miskin, ya kerja.
Begitu kan rumusnya?

Nah, itu pedagang-pedagang di stasiun UI kan udah kerja. Udah punya barang-barang buat dijual.
Apanya sih yang mau dibela? Apanya sih yang dipermasalahin?
Okelah si pedagang-pedagang pasti curhat kalo mereka sedih (beberapa udah nangis sampe ingusan) lapak mereka diambrukin.
Tapi ya emang begitu kan kalo mau tertib? Yang illegal ya dibikin legal, dipindahin ke lapak di Kober lainnya.
Jadi salah siapa nih? Salah PT KAI? Salah pedagang? Atau salah kumbang-kumbang di taman?

Udahlah.
Udah bagus stasiun UI mau dirapihin, biar maju, biar bisa e-ticketing, biar gak nyampahin kertas yang dijegrek pake bolongan. 
Protes buat apa sih kalian ini wahai mahasiswa-mahasiswi berjaket kuning?

Lagian yang gw liat, pedagang-pedagang itu udah pindah ke toko daerah kober situ juga.
Mereka aja santai (kayaknya). Mahasiswa kok nyolotnya kayak abis disundut pake linggis panas.

Selesai protesnya. Sekarang sesi curhat.

Seminggu yang lalu pas mau beli tiket kereta ke Gondangdia, gw bayar pake uang 10000an karena tarifnya 8000.
Kembalian deh tuh 2000.
Eh pas gw mau cabut dari hadapan kaca berlobang, tiba-tiba si amang-amang dibalik kaca ngasih uang lagi 5000.
Gw sempet mikir muka gw hari itu terlalu melas sampe dikira kayak pengemis belom makan yang harus dikasih uang.
Gw, yang berhati mulia, pun bilang "Mas, kelebihan nih".
"Oh, emang tarif baru mba, jadi 5 stasiun pertama 2000, selebihnya nambah 500/stasiun".
"Oh... murah banget".
Tiba-tiba orang di belakang nepok pundak gw. Kirain mau ngajak main komunikata.
Taunya disuruh minggir karena gw bengong kelamaan & bikin ngantri zzz.

Sepanjang nunggu kereta, gw tetep mikir itu tarif terlalu murah.
Kemurahan.
Akh. Murah banget.
Udah gitu hari itu juga pertama kalinya gw pake e-ticketing. Wah keren. Keren. Keren.
Udah murah, pake e-ticketing, stasiun jadi lebih luas.

Jadi, kira-kira kabar mahasiswa-mahasisiwi berjaket kuning yang waktu itu demo tuh gimana ya sekarang?
Udah gak punya bahan buat diprotes lagi ya?
Kalo gak ada dan kalo kalian kangen tereak-tereak gak jelas, nih gw kasih usul.
Demoin aja pemerintah karena tarif angkot jarak dekat lebih mahal daripada harga tiket kereta api jarak jauh.
Biar kalian makin keren! Biar kalian bisa dianggap generasi muda yang kritis yang bisa merubah dunia!
Good luck, guys! Hihi.

Tertanda,
Anisa Fajrina Djuanda, anak UI yang lagi nyindir anak UI.

1 comment: